-->

Definisi Paleobotani

Sisa-sisa tumbuhan yang telah memfosil dipelajari dalam disiplin ilmu tertentu, paleobotani. Bidang pengetahuan ini memungkinkan kita untuk merekonstruksi dan memahami habitat alami yang ada di berbagai wilayah planet ini. Dengan cara ini, dimungkinkan untuk menentukan jenis tanaman apa yang ada di berbagai tahap geologi.

Paleobotani adalah cabang paleontologi tertentu. Dengan demikian, paleontologi mempelajari sisa-sisa yang telah diawetkan dalam waktu geologi yang berbeda dan paleobotani berfokus pada aspek tertentu, tumbuhan yang membatu.


Botani dari masa lalu yang jauh

Pengetahuan tentang flora dari jutaan tahun yang lalu sangat penting untuk memahami evolusi lanskap dari waktu ke waktu. Sisa tumbuhan yang diteliti adalah tumbuhan yang telah diawetkan dalam batuan sedimen akibat aksi proses biokimia yaitu fosilisasi.

Perlu dicatat bahwa di wilayah dataran tinggi di mana tidak ada sedimentasi akibat erosi, fosil tumbuhan lebih tidak mungkin ditemukan. Jenis iklim juga menentukan penghilangan materi tanaman.

Sebagai kriteria umum, bagian tanaman yang paling sulit dipertahankan

Bagaimanapun, sisa-sisa fosil tumbuhan diklasifikasikan menurut apakah mereka termasuk dalam satu bagian atau bagian lain dari tumbuhan (daun, batang, biji dan resin yang membatu).

Di margin studi fosil tumbuhan di paleobot√°nica juga kayu dan fosil alga dan interaksi antara hewan dan tumbuhan dianalisis (tumbuhan menjajah daratan tetapi pada saat yang sama berfungsi sebagai makanan untuk spesies hewan yang berbeda).

Dalam singkat , disiplin ini menyediakan informasi yang relevan di daerah lain seperti geologi, klimatologi atau biologi . Dalam pengertian ini, ahli paleobotani menetapkan korelasi antara sisa-sisa tumbuhan yang membatu dan informasi yang berbeda terkait dengan masa lalu geologis (jika kaitan antara tumbuhan yang membatu dan sisa hewan, itu adalah biokorelasi). Di beberapa negara terdapat museum paleobotani dan biasanya terletak di sebelah kebun raya.

Disiplin lain yang didedikasikan untuk merekonstruksi masa lalu

Ada banyak bidang yang memfokuskan penelitiannya pada pengetahuan masa lalu. Arkeologi mempelajari material sisa-sisa peradaban kuno. Silsilah berfokus pada keturunan individu dan keluarga dan melalui disiplin ini dimungkinkan untuk mengembangkan pohon silsilah. Kronologi memfasilitasi penentuan urutan temporal dari episode-episode sejarah. Bentuk tulisan peradaban kuno dipelajari dalam kerangka paleografi.

Semua area ini memiliki karakter independen, tetapi pada dasarnya mereka adalah ilmu tambahan yang melayani sejarah.

Atas

Tengah 1

Tengah 2

Bawah